Rabu, 02 Februari 2011

Maha Kappa adalah perhitungan umur dunia/tatasurya

1 Maha Kappa = 4 Asankheyya Kappa
1 Asankheyya Kappa = 20 Antara Kappa
1 Maha Kappa = 80 Antara Kappa
- 1 Antara Kappa -> lamanya proses perubahan batasan umur manusia dari rata2 10 tahun lalu naik hingga rata-rata 84.000 tahun, kemudian turun lagi hingga rata-rata 10 tahun
- 1 Asankheyya Kappa -> lamanya proses siklus 20 kali Antara Kappa
- 1 Maha Kappa -> lamanya proses siklus 4 kali Asankheyya Kappa

Maha Kappa adalah waktu satu masa dunia. Artinya setiap belangsung 1 Maha Kappa, maka dunia akan mengalami kiamat.
Dunia ini akan mengalami siklus 64 Maha Kappa, jadi akan ada 64 kali kiamat. Dunia masih akan tetap bertahan (utuh) sampai pada 63 kiamat yang awal. Pada kiamat yang ke-64, dunia (Bumi) dan seluruh benda langit di sekitarnya yang termasuk dalam satu gugusan galaksi akan mengalami kehancuran. Jadi kiamat yang ke-64 adalah kiamat yang meliputi 1 Galaksi itu. Ada tiga macam proses kiamat pada dunia, yaitu kiamat yang disebabkan oleh api, air dan angin.

Kiamat karena api berarti dunia akan terbakar oleh suhu yang panas karena kehadiran 6 bintang lain secara satu per satu dalam sistem tata suryanya, sehingga ada 7 matahari yang berada dalam radius orbit dunia (Bumi).

Kiamat karena air berarti akan ada awan kaustik yang maha besar (kharudaka) yang akan menyirami seratus milyar tata surya sehingga semuanya terbenam oleh air kaustik.

Kiamat karena angin berarti akan ada awan yang muncul karena unsur gerak (zat gas di luar angkasa) yang mampu mengangkat benda2 langit dan memporakpondakan dunia hingga hancur berkeping2.

Sekuen penghancurannya...

"1 sampai 7 oleh api, 8 oleh air, 9 hingga 15 oleh api, 16 oleh air, 17 hingga 23 oleh api, dan seterusnya... 56 oleh air, 57 hingga 63 oleh api, dan 64 oleh angin"

6 komentar:

silent to peace... mengatakan...

tolong bung singkeremo, kalo ada sumber asli disebutkan ya biar lebih ok... tx

singkeremo mengatakan...

iya, ini sudah ada yang dimasukkan koq. Maaf seblumnya karena ada beberapa sumber yang tidak dimasukkan karena saya lupa waktu itu sumbernya cz udah lama bgt. Itu file2y hanya d simpan gt aja terus d liat ada banyak n d coba masuk2n ke blog ini jadinya :D

Unknown mengatakan...

Coba baca Brahmajala-Sutta beserta Kitab Komentarnya. Di sana ada dibahas mengenai umur alam raya itu 1 Mahakappa, dll.

Anonim mengatakan...

Kapan dunia kiamat ?

Unknown mengatakan...

Btw cuman tau gmn itungnya atau pengertian dari cth Maha kappa, tp kok di bahas kiamat??

Unknown mengatakan...

4 Tahap dalam Satu Siklus Mahakappa Itu apa Ya Kkh?

Posting Komentar