Senin, 07 Maret 2011

Things to learn ..

suatu hari kedelai milik seorang petani jatuh kedalam sumur. hewan itu menangis memilukan selama berjam - jam, sementara si petani memikirkan apa yang harus dilakukan nya. akhirnya si petani memutuskan bahwa hewan itu sudah tua dan sumur juga perlu ditimbun ( ditutup - karena berbahaya ) jadi tidak berguna untuk menolong si keledai. dan ia mengajak tetangga - tetangga nya untuk datang membantunya



mereka mulai membawa sekop dan mulai menyekop tanah kedalam sumur. ketika si keledai menyadari apa yang sedang terjadi, ia menangis penuh kengerian. tetapi kemudian, semua orang takjub, karena si keledai manjadi diam.



setelah beberapa sekop tanah lagi dituangkan kedalam sumur, si petani melihat kedalam sumur dan tercengang karena apa yang dilihatnya. walaupun punggung nya terus ditimpa oleh bersekop - sekop tanah dan kotoran, si keledai melakukan sesuatu yang menakjubkan.



ia menguncang -guncangkan badan nya agar tanah yang menimpa punggungnya turun kebawah, lalu menaiki tanah itu. sementara si petani dan tetangga - tetangga nya terus menuangkan tanah kotor ke atas punggung hewan itu, si keledai terus mengguncangkan badan nya dan melangkah naik.



segera saja, semua orang terpesona ketika keledai meloncati tepi sumur dan melarikan diri !



THINGS TO LEARN :

kehidupan terus saja menuangkan tanah dan kotoran kepadamu, segala macam tanah dan kotoran.



cara untuk keluar dari " sumur '' ( kesedihan, masalah, dsb ) adalah dgn mengguncangkan segala tanah dan kotoran dari diri kita ( pikiran dan hati kita ) dan melangkah naik dr " sumur " dengan menggunakan hal - hal tsbt sebagai pijakan untuk melangkah.



kita dapat keluar dari " sumur " yang terdalam dgn terus berjuang, jangan menyerah !! ingatlah aturan sederhana tentang kebahagiaan :

1. bebaskan dirimu dari kebencian

2. bebaskanlah pikiranmu dari kecemasan

3. nikmati hidup

4. berilah lebih banyak

5. berharaplah lebih sedikit

6. tersenyumlah

7. miliki teman yang bisa membuat engkau tersenyum

Credit to : Dhammadharassa Padumuttara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar