Selasa, 15 Juni 2010

Bhiksuni Virya Guna: Menyikapi "CIONG" sesuai dengan ajaran Buddha Dharma

Dalam kalangan keturunan Tionghua dikenal adanya Ciong beragam orang memberikan pendapatnya tentang hal ini, suhu tidak menjelaskan dari sisi lainnya tapi sebagai umat Buddha yang sudah memasuki pintu Dharma perlu kita menyikapi dengan hal hal seperti dibwah ini :
1. Mempunyai keyakinan /Sraddha yang kuat terhadap ajaran Buddha Dharma ;
2. mempunyai keyakinan/ Sraddha yang kuat terhadap Hukum Sebab –akibat ;
3. mempunyai keyakinan/Sraddha yang kuat terhadap karma buruk, dibuat berarti bibit sudah ditanam, bibit menuas, tumbuh, berkembang dan berbuah, buahnya matang harus kita terima, menerimanya sebagai proses atas karma buruk yang sudah kita buat.
4. untuk mengatasi “ciong yang besar menjadi kecil, kecil menjadi tiada “ dengan kiat-kiat sebagai
berikut :
a. menumbuhkan prilaku, tutur bahasa dan pikiran yang selalu baik ;
b. tidak lagi melakukan melalui prilaku, tutur bahasa dan pikiran yang jelek, artinya yang bertentangan dengan Panca Sila Buddhis, antara lain tidak mengambil nyawa makhluk lain; tidak mengambil barang atau benda yang bukan menjadi miliknya; tidak mengadakan hubungan suami-istri atau berprilaku, tutur bahasa dan pikiran yang menjurus kearah perselingkuhan; tidak mengeluarkan kata-kata dusta, kata-kata kasar/jorok, kata kata yang bersifat menfitnah /lidah bercabang dua, dan kata-kata tidak senonoh; tidak kehilangan kesadaran/minum minuman yg memabokan;
c. mempunyai kesabaran yang penuh dengan pengertian bahwa karma buruk yang berbuah dan matang harus kita terima karena inilah proses pembelajaran dari kehidupan itu sendiri, kita yang buat ya kita harus terima hasilnya, jadi tidak boleh menyalahkan orang lain.
d. Harus bangun dari keterpurukan , semangat mulai hidup baru .
e. Melakukan intropeksi, kesalahan tidak diulang lagi dan kesalahan adalah pengalaman dan proses pembelajaran yang harus dibayar mahal.
f. Belajar menjadi lebih bijak dengan mengerti kekurang dan kelebihan diri sendiri dan belajar dengan mengerti kekuranganan dan kelebihan orang lain.

Nah , kalau kita sudah mengerti dan mau menjalankan hal hal diatas , kalau shio kita ciong pada tahun yang bersangkutan kita sudah mengerti mengantisipasinya, jadi tetaplah berbuat baik, jangan membatasi diri terutama dari kegiatan – kegiatan social kemasyarkatan positif yang bisa menambah karma baik kita.
Semoga keterangan ini bisa menambah wawasan anda dan ciong bukanlah hal yang sangat menakutkan.


By : Bhiksuni Virya Guna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar