Selasa, 15 Juni 2010

Ini Saja yang Benar dan yang Lain Palsu

Pada suatu hari sekelompok orang Brahmana yang terpelajar dan terkemuka mengunjungi Sang Buddha dan melakukan tukar pikiran yang mendalam dengan Sang Tathagata.

Seorang brahmana muda berusia 16 tahun yang bernama Kapathika (yang oleh kelompok tersebut dianggap sebagai orang pintar dan luar biasa) telah mengajukan pertanyaan sbb.. "Gotama Yang Mulia, kaum brahmana memiliki kitab-kitab suci yang sudah tua sekali dan diceritakan serta dipelajari turun-temurun hingga kini.

Menurut kitab-kitab tersebut kaum brahmana telah sampai kepada satu kesimpulan terakhir: 'Ini saja yang benar dan yang lain palsu.' Kami ingin bertanya, bagaimana pendapat Gotama Yang Mulia mengenai hal ini?"

Sang Buddha balik bertanya. "Di antara kaum brahmana, apakah ada seorang yang secara pribadi telah tahu dan lihat bahwa : 'Ini saja yang benar dan yang lain palsu'?"

Anak muda itu lantas menjawab. "Tidak ada." "Kalau begitu, adakah seorang Guru atau Guru dari para Guru kaum brahmana sebelumnya sampai turunan ketujuh, atau mungkin salah seorang dari penulis asli kitab-kitab suci itu sendiri yang telah tahu dan lihat: 'Ini saja yang benar dan yang lain palsu'?"

"Tidak ada."
"Kalau begitu dapat diumpamakan seperti satu barisan orang buta yang saling berpegangan tangan. Yang berada di muka tidak melihat, yang berada di tengah tidak melihat dan yang berada di belakang pun tidak melihat. Oleh karena itu, dapat Aku katakan bahwa keadaan kaum brahmana sama saja seperti barisan orang buta itu."

Sesudah itu, Sang Buddha memberikan nasihat yang penting sekali kepada para brahmana tersebut. "Bagi seorang bijaksana yang harus melindungi Kebenaran tidaklah layak untuk sampai kepada kesimpulan. 'Ini saja yang benar dan yang lain palsu'."

Ketika diminta oleh brahmana muda itu untuk memberikan keterangan lebih lanjut tentang hal melindungi Kebenaran, Sang Buddha menjawab: "Seseorang mempunyai kepercayaan. Kalau ia berkata, ini adalah kepercayaanku; sampai di sini ia melindungi Kebenaran.

Tetapi dengan ini ia tidak dapat maju lebih jauh untuk sampai pada kesimpulan terakhir: 'Ini saja yang benar dan yang lain palsu.' Dengan perkataan lain, orang boleh saja percaya akan apa yang ia suka dan ia boleh berkata: 'Aku percaya ini'. Sampai di sini ia menghormati Kebenaran.

Tetapi berhubung dengan kepercayaannya itu tidak seharusnya ia berkata bahwa apa yang ia percayai itu adalah satu-satunya Kebenaran dan yang lain palsu."



Sang Buddha melanjutkan. "Melekat kepada satu pandangan saja dan memandang rendah pandangan orang lain adalah tidak baik dan orang bijaksana menamakan ini satu belenggu."

[Buku Dhamma Sari - MP.Sumedha Widyadharma]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar